Senin, 12 September 2016

WAJIBKAH AKU MENJADI ANGGOTANYA ? (WKRI,Pemuda Katolik,OMK,KIK etc )



Agar Dipahami oleh Umat Katolik :

WAJIBKAH AKU MENJADI 
ANGGOTANYA ?
Kadang dari ketidakmengertian, orang lalu salah mengambil keputusan. Lebih parah lagi ketika orang-orang menghidupi kekeliruan mereka sebagai sebuah kebenaran dan mempertahankannya.

Inilah yang terjadi dalam pikiran banyak orang Katolik terhadap keanggotaan mereka dalam kelompok organisasi dan kategorial dalam Gereja Katolik.

Karena itu, di pagi ini kuinformasikan apa yang seharusnya Anda perbuat sebagai orang Katolik di Paroki mana pun Anda berada;

1) Kelompok Organisasi seperti WKRI dan PEMUDA KATOLIK;

Adalah organisasi kemasyarakatan yang menggunakan lebel atau nama KATOLIK. Karena itu, walaupun orientasi organisasi ini tertuju pada kehidupan sosial-kemasyarakatan, tapi karena penggunaan nama Katolik maka ada ikatan khusus dengan Gereja (Hirarki) yang tidak bisa disepelekan atau dipisahkan. Gereja (Hirarki) menghormati segala bentuk dinamika atau ADRT organisasi tersebut, namun karena nama Katoliknya maka tetap harus ada campur tangan pihak hirarki dalam bentuk penemanan dan pendampingan.

Sikap Umat Katolik; Umat Katolik, terutama ibu-ibu dan orang muda yang berminat untuk belajar berorganisasi dan berpolitik boleh menjadi anggotanya. Sedangkan bagi umat yang tidak mau bergabung bukan juga dilihat sebagai sebuah kekeliruan apalagi kesalahan.

2) Kelompok Kategorial seperti SEKAMI, REMAJA KATOLIK, OMK, KBK (Kaum Bapa Katolik) dan KIK (Kaum Ibu Katolik) ;

Adalah kelompok kategorial yang WAJIB bagi semua orang Katolik dalam kelompok umur. Kelompok-kelompok ini memudahkan para pelayan rohani untuk memberi pelayanan sesuai dengan karakter umur umat tersebut.

Sikap Umat Katolik; Semua umat Katolik WAJIB menjadi anggotanya tanpa kecuali. Ini bukan kelompok pilihan bagi umat. Semua umat Katolik harus bergabung menjadi anggota tanpa alasan atau syarat.

3) Kelompok Kategorial DOA seperti APOSTOLAT, KARISMATIK, LEGIO MARIA, KERAHIMAN ILAHI dan lain-lainnya;

Adalah kelompok doa yang diizinkan oleh otoritas Gereja setempat (misalnya Keuskupan) untuk menjadi pilihan bagi umat Katolik demi mengembangkan imannya. Ini berarti bahwa ajaran dan praktek doa kelompok-kelompok tersebut telah dipelajari oleh otoritas Gereja (Uskup) dan dirasa bahwa manfaatnya sangat besar bagi umat terutama dalam meningkatkan kehidupan rohani mereka. Karena itu, kepada umat dianjurkan untuk menjadi anggotanya tanpa paksaan.

Sikap Umat Katolik : Setiap umat boleh memilih untuk menjadi anggota dari kelompok-kelompok doa ini atau tidak. Apa yang paling penting bahwa ketika Anda memilih satu kelompok doa maka tidak berarti kelompok doa lain itu jelek dan harus disingkirkan. Semua kelompok doa ketika sudah diizinkan oleh Uskup Diosis maka terbuka bagi semua umat untuk menjadi anggotanya tanpa adanya sikap mempersalahkan kelompok doa lainnya. Bagaikan kembang yang berwarna-warni yang membentuk sebuah pot bunga yang indah, demikian pun fungsi kelompok-kelompok doa di dalam Gereja Katolik.

4) Kelompok Doa dari KRISTEN LAIN (PROTESTAN);

Umat Katolik DILARANG untuk menjadi anggota dari kelompok-kelompok doa dari Kristen lain (Protestan). Umat Katolik hanya bisa mengikuti kegiatan doa mereka seperti KKR dan doa lainnya dalam rangka/bingkai EKUMENE. Di luar kegiatan ekumene, umat Katolik tidak diizinkan untuk mengikutinya apalagi menjadi anggotanya. Lebih parah lagi terjadi ketika orang tua mengizinkan anak-anak mereka untuk mengikuti kegiatan kerohanian dari gereja/denominasi lain tanpa penjelasan yang memadai.

Sikap Umat Katolik : Tetap menghormati keberadaan kelompok-kelompok doa dari Kristen lain (Protestan) tapi bukan berarti harus mengikuti apalagi menjadi anggotanya. Dalam soal iman, biarlah Anda meminum obat yang pahit tapi menyembuhkan, daripada susu yang terasa racun dari para penghancur imanmu. Bukankah Yesus sudah mengingatkan; "Akan ada banyak nabi palsu yang datang seakan-akan diutus oleh-Nya, padahal ajaran mereka bertentangan dengan apa yang diajarkan oleh Yesus dan diteruskan/diwariskan oleh Gereja Katolik, satu-satunya Gereja yang didirikan oleh Yesus di dunia di atas wadas/Batu Karang Petrus.

Demikianlah beberapa hal yang ingin kusampaikan tentang keberadaan kelompok organisasi Katolik maupun kelompok kategorial (doa) di dalam Gereja Katolik, serta kelompok lainnya

Semoga bermanfaat bagi umat Katolik.

Salam dan doa dari seorang sahabat untuk para sahabatnya,

***Rinnong - Duc in Altum***

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India